MACKAGE part one

Pagi ini aku iseng – iseng browsing di google article trend fashion 2009, tapi perhatianku malah tersita ke bebarapa judul article seperti : “Tim Cash Spotted Wearing Mackage “ dan Serena van der Woodsen rocking a blazing Mackage leather jacket”. Karena penasaran aku telusuri article itu dan untuk judul yang pertama, Tim Cash MTV VJ memakai salah satu jacket keluaran Mackage saat dia menjadi hos di acara “ The Hills finale party “ 22 Desember kemarin. Jacket yang dia pakai termasuk salah satu jacket ( ato lebih tepat kita sebut coat ) dari koleksi musim gugur Mackage yang saat itu di bandrol dengan harga $ 682. Wow, harga yang cukup fantastis buat sebuah coat, begitu pikirku tapi begitu melihat gambar ini aku memahami mengapa dia rela merogoh koceknya begitu dalam hanya untuk sebuah coat.

tim-cash-in-mackage-jacket

Sementara itu untuk judul article kedua, pada pemutaran gossip girl ( film seri remaja yang lagi booming sekarang ini ) edisi 5 januari 2009, Serena Van der Woodsen, memakai jacket kulit mackage. Dan beberapa minggu yang lalu Blai Waldrof sahabat sekaligus musuh Serena mengenakan Mackage’s Lindy Cape. Dua tokoh yang akhir – akhir ini menjadi panutan mode remaja New York mengenakan hasil design Mackage pada waktu yang berdekatan tentu saja menjadi pertanyaan. Sehebat apakan otak dibalik kreatifitas Mackage. Dan siapakan sebenarnya designer Mackage yang tidak diragukan lagi hasil designnya. Aku akan mengulas hal ini pada article selanjutnya. Untuk saat ini, enjoy this picture

serena-van-der-woodsen mackage-serena-jacket

Seperti janjiku sebelumnya, ini dia kelanjutan article yang kemarin

MACKAGE part two

Mackage adalah kisah sukses duo Elisa Dahan dan Eran Elfassy. Duo ini adalah teman sekolah yang sudah mulai membuat design pakaian dan membicarakan saat – saat mereka akan berada di dunia fashion nantinya ketika mereka masih berumur dua belas tahun. Mereka berdua adalah designer label mackage. Mereka memulai debut mereka didunia fashion saat umur mereka 20-an, bakat dan kejelian mereka dalam melihat trend fashion dan kemudian menelurkan design – design keren sangat mengagumkanku. Line fashion mereka sangat dikenal diantara fashionista di Kanada dan Amerika dengan kekuatan mereka pad pakaian luar ( outwear ) dan potongan leather mereka yang keren. Mackage tidak mengenal usia, label ini dibuat supaya bisa digunakan kapan saja, bahkan di masa depan.

Mackage memulai labelnya dengan membuat jacket dengan bahan kulit, tapi kemudian mereka memperluas produk mereka dan sekarang bisa dikatakan mereka sudah menguasai pasaran outwear line. Kekuatan label mereka saat ini terletak pada koleksi jacket wool mereka yang diperkuat dengan detail kulit. Detail kulit ini menjadi trademark sejak line ini mulai dibuat. Untuk merayakan 5 tahun label Mackage, mereka membuat pakaian dengan tekhik tailoring yang ketika dipakai akan terlihat pas badan dengan warna – warna klasik yang dapat dipakai untuk setiap kesempatan.

eran-n-elisa

duo dibelakang kesuksesan Mackage

fall-winter-2008-collection mackage-corina-coat

hasil design mereka diatas membuat aku semakin ngefans ama duo ini. cool guys

Beberapa hari belakangan ini dunia fashion terpaku pada satu sosok

JASON WU

jason_wu2

Nama Jason Wu sebelumnya mungkin terdengar awam di telinga, terlebih lagi untuk orang yang tidak menggeluti dunia fashion dan bukan pemerhati fashion. Tapi setelah gown yang dirancangnya dikenakan oleh Ibu Presiden Amerika yang baru pada acara pesta dansa untuk merayakan pelantikan prsiden terpilih Barack Obama kemarin, dunia fashion seolah dipaksa untuk memerhatikan Jason Wu. Siapakah sebenarnya Jason Wu? Dan apa yang membuat rancangannnya terasa istimewa?

Jason Wu lahir dan dibesarkan di Taipe, tapi telah menghabiskan sebagian hidupnya berkeliling dunia. Dia menghabiskan banyak waktu di Canada ketika dia masih sekolah, Perancis, dan Amerika Serikat sebelum akhirnya dia pergi ke New York dan menempuh pendidikan ei Parsons School of Design.

Jason Wu sudah menggemari fashion sejak masih kecil, dan dia memulai debut designnya dengan memenangkan perlombaan mendesign baju boneka pada tahun 1998. President Director of Integrity Toys inc. Mr. Percy Newsum melihat dan mengenali bakat Jason Wu, dan mengajaknya bergabung dengan perusahaannya sebagai designer freelance. Dalam kurun waktu dua tahun, saat masih berumur 17 tahun, Jason Wu mampu membuktikan bahwa dia merupakan asset penting dalam peusahaan yang membawa dirinya ke posisi full time creative director.

Dalam kurun waktu kurang dari enam tahun, Jason Wu mengubah Integrity Toys Inc dari mass markets toys menjadi high end collectible dolls. Linenya yang diberi label His Fashion Royalty® telah mampu mengalakan competitor lain dalam waktu 2 tahun. Dan kurang dari 5 tahun sejak line itu diciptakan, telah banyak fans – fans loyal yang jumlahnya terus bertambah setiap harinya.

Isabel Toledo

Isabel Toledo lahir pada tanggal 9 April 1961. Wanita berdarah asli Cuba ini adalah designer Amerika yang bertempat tinggal di New York. Baju rancangannya yang dikenakan Mrs. O pada hari inagurasi presiden Obama menarik perhatian banyak orang. Baju yang satu set dengan coat warna lemon dengan hijau rumput itu mampu membuat Mrs. O terlihat bercahaya hari itu.

Isabel Toledo lahir di Cuba dan pindah ke New Jersey, kota dimana dia bersekolah dan bertemu dengan suaminya, Ruben Toledo disana. Isabel Toledo menempuh pendidikan formal di Fashion Institute of Technology New York, dan Parsons School of Design New York.

Pada tahun 1984 Isabel menikah dengan Ruben Toledo, seorang seniman dan pada tahun 1985 dia mengadakan fashion show pertamanya. Bersama dengan suaminya Isabel berhasil mendapatkan penghargaan Cooper – Hewitt Design Award untuk hasil karya mereka dibidang fashion pada 2005. Dan Isabel memulai debutnya dengan Anne Klein pada New York Fashion Week February 2007 kemarin, tapi bebarapa bulan kemudian mereka memutuskan untuk tidak lagi meneruskan kerja sama mereka.

Ikram Goldam

power_players2

Nama Ikram Goldan mulai menarik perhatianku ketika aku meneliti tentang Mrs. O dan aku semakin tertarik ketika tahu bahwa dia adalah otak dibalik pemilihan pakaian Mrs. O. Jadi siapa sebenarnya Ikram Goldman? Ikram bukanlah seorang designer, bisa dibilang dia adalah seorang stylish dengan kejelian seorang designer dan kecerdasan bisnis yang membuatnya menjadi tokoh yang cukup dihormati di dunia fashion Chicago.

Ikram dulunya bersekolah di sekolah katolik di Israel. Ikram mempunyai nilai – nilai mengenai apa yang pantas dan tidak pantas dipakai untuk setiap event dan dia memegang teguh prinsipnya. Salah satunya adalah tidak mengenakan jeans untuk acara resmi apapun walaupun jeans itu berharga $ 3,000. Dan dia tidak bisa ditawar untuk prinsip yang satu ini.

Prinsip lain yang dia pegang “ Never compromise on your bag n shoes “. Beberapa wanita ketika membeli pakaian akan berkata kalau di rumah mereka punya sepatu yang cocok untuk pakaian yang akan mereka beli. Dan ternyata ketika mereka sudah sampai di rumah, ternyata warna sepatu mereka meleset sedikit dari pakaian yang mereka beli. Jadi Ikram berprinsip kalau wanita sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli pakaian, sisihkan juga untuk membeli sepatu dan tas yang cocok dengan pakaian yang dibeli. Karena walaupun hanya detail kecil, percaya atau tidak, orang – orang memperhatikannya.

Ikram sangat mengidolakan Hussein Chalayan dan fashion shownya pada spring 2007 sangat mempesonanya. Wanita yang sangat menyukai gaya klasik ini juga mengidolakan Yohji Yamamoto, Alexander McQueen, Thakoon dan Rodarte. Tapi bisa dibilang yang paling dia sukai adalah Isabel Toledo.